Home
 

Tanda Wanita Hamil – Kembar Air

Mitos saat wanita hamil memang banyak sekali beredar. Salah satunya adalah “jangan mengkonsumsi air es saat hamil karena nanti dapat terjadi yang namanya kembar air”. Tapi benarkah mitos tersebut dan apakah sebenarnya istilah “kembar air” itu?

PENGERTIAN

Kembar air adalah istilah kehamilan yang sering digunakan oleh orang awam. Istilah medisnya adalah “Polihidramnion”, yaitu suatu keadaan dimana jumlah air ketuban yang dimiliki wanita hamil lebih banyak dari jumlah air ketuban normal. Normalnya, jumlah air ketuban dalam rahim seharusnya dibawah 2 liter, tetapi pada kembar air, jumlah air ketuban yang dimiliki bunda dapat mencapai 2 liter atau lebih. Prevalensi atau kemungkinan terjadinya hal ini pada kehamilan adalah 0,6% hingga 3,3%. Ini artinya dalam seratus kehamilan, ada kemungkinan 3 wanita hamil mengalami kembar air.

Air ketuban memiliki fungsi yang baik, yaitu melindungi janin selama didalam rahim dan sebagai media agar janin dapat bergerak bebas. Hanya saja, bila jumlah air ketuban bunda melebihi batas normal, maka dapat terjadi hal-hal yang buruk seperti kecacatan pada bayi, persalinan prematur dan merupakan penyebab utama tingginya angka kesakitan bayi akibat peregangan rahim yang berlebihan.

MACAM KEMBAR AIR

Ada 2 macam Polihidramnion yang biasanya ditemukan pada ibu hamil:

  1. Polihidramnion akut yaitu polihidramnion yang sering terjadi pada trimester kedua dan terjadi sangat cepat, hanya dalam hitungan hari. Kembar air jenis ini sangat jarang sekali terjadi.
  2. Polihidramnion kronik yaitu kembar air yang terjadi secara bertahap dan sering terjadi pada trimester ketiga.

TANDA WANITA HAMIL KEMBAR AIR

Bunda boleh mengkhawatirkan terjadinya Polihidramnion jika tanda-tanda tersebut di bawah ini muncul:

  • Besar perut bunda lebih besar dari usia kehamilan normal
  • Agak sulit ketika bunda meraba keberadaan janin di dalam perut

Jika kedua tanda ini terjadi, maka segeralah memeriksakan diri kepada dokter kandungan bunda untuk memastikan bahwa bunda tidak mengalami kembar air.

PENYEBAB

Penyebab terjadinya hal ini bisa dari 2 faktor, yaitu faktor sang ibu dan faktor bawaan si janin. Faktor dari ibu adalah jika bunda memiliki penyakit diabetes mellitus. Sementara dari faktor janin ada berbagai macam sebab. Beberapa diantaranya adalah:

  • Bayi memiliki kelainan kromosom
  • Kelainan struktur atau anatomi pada janin
  • Kelainan saraf pusat
  • Bayi memilki kelainan sistem gastrointestinal atau sistem pencernaan, atau
  • Bayi memiliki kelainan saluran kencing

Jadi penyebab terjadinya kembar air ini bukan diakibatkan oleh seringnya bunda mengkonsumsi air es ya. (Sumber: Toddie, Sept 11)

Incoming search terms:

  • Bayi kembar air
Tags: , , , , , , , ,

Related posts

August 10, 2012 This post was written by Categories: Kehamilan Tagged with:
No comments yet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>